Get Chitika | Premium
AJANG UNTUK PARA PENDUKUNG HERBAL, MARI KITA LESTARIKAN KEKAYAAN HERBAL INDONESIA

Minggu, 16 Mei 2010

Penyakit-penyakit yang dapat ditimbulkan oleh RADIKAL BEBAS


Ternyata penyakit tidak datang begitu saja, tetapi ada penyebabnya, bahwa badan kita sehat adalah harapan setiap orang. Tetapi pada kenyataannya penyakit terjadi karena tidak berfungsinya jaringan kekebalan yang disebabkan defisiensi pertahanan tubuh kita.

Maka penyakit dapat dibagi dari cara penyebab datangnya, External dan Internal.

External : Bibit penyakit yang datang dikarenakan faktor luaran tubuh kita, Seperti : asap rokok, sinar ultraviolet, kimiawi, makanan dan polutan lainnya. Hasil metabolisme yang berlebihan dalam tubuh dari berbagai macam faktor diatas akan menghasilkan radikal bebas yang berimbas pada penurunan fungsi faal tubuh. Contoh penyakit yang ditimbulkan dari kelebihan radikal bebas adalah : serangan jantung, kanker, katarak, dan penurunan fungsi ginjal.

Sebenarnya tubuh dapat juga menetralisir radikal bebas, dengan zat antioksidan, akan tetapi jumlah produksi ataupun volume dari antioksidan dalam tubuh kita biasanya lebih sedikit dari jumlah radikal bebas yang kita dapatkan setiap hari. Sehingga menyebabkan ketidak seimbangan asupan dan pengeluaran. Tentu saja datangnya penyakit terjadi karena ketidak seimbangan.

Internal : Penyakit yang disebabkan lebih kepada disfungsi faal tubuh bawaan (mallfunction). Contoh : disfungsi ekskresi dikarenakan tidak lengkapnya saluran pembuangan dalam tubuh kita. Cacat disebagian tubuh, jantung, hati, dan lain sebagainya.

Untuk menangani faktor External mungkin kita lebih banyak menggali dan mengetahui dari mana kita bisa mendapatkan asupan antioksidan yang cukup. Sehingga ketika produksi zat antioksidan dalam tubuh kita cukup maka secara otomatis akan terjadi resistensi dalam tubuh kita terhadap radikal bebas. Tetapi jika yang terjadi sebaliknya, maka terjadilah defisiensi dalam tubuh kita.

Untuk memenuhi asupan Zat ANTIOKSIDAN Banyak HERBAL YANG MENGHASILKAN ZAT ANTIOKSIDAN ALAMI dan aman bagi tubuh kita. Banyak sekali buah dan sayuran penghasil Antioksidan yang tersebar dilingkungan kita dan murah akan tetapi kita nggak ngeh. Apa boleh buat ?? tak mengapa, lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali.

Ketika anti oksidan menyerang radikal bebas, mereka saling berikatan ,dan bersatu. Selanjutnya terbentuk radikal bebas yang baru yang relatif lemah dan tidak membahayakan.

VITAMIN A Vitamin A larut dalam lemak, dilaporkan dapat bereaksi dengan radikal bebas melalui struktur ikatan rangkapnya .

VITAMIN E Vitamin E adalah anti oksidan yang larut dalam lemak ,yang perlu ditambahkan dalam makanan. Cara kerja Vitamin E sebagai anti oksidan adalaha Vitamin E berjalan di seluruh tubuh bersama molekul yang namanya Lipoprotein, dan dapat melindunginya dari oksidasi sehingga tidak terbentuk radikal bebas. Oksidasi dari lipoprotein ini merupakan langkah awal pembentukan: Atherosclerosis ,pengerasan pembuluh darah dan berperan pada kerusakan hati

VITAMIN C Vitamin C larut dalam air, tidak dapat dibentuk oleh tubuh jadi harus dari makanan atau supplement ( buah-buahan dan sayuran). Vitamin C ini secara kuat dapat melemahkan radikal bebas serta mempunyai peran yang sangat penting dalam meningkatkan system kekebalan tubuh. Vitamin C dan vitamin E berjalan di seluruh tubuh bersama molekul yang namanya Lipoprotein, dan dapat melindunginya dari oksidasi sehingga tidak terbentuk radikal bebas.

SELENIUM Selenium terdapat di air minum, brokoli, kuning telur, bawang merah, bawang putih dan anggur merah Sebenarnya selenium bukan antioksidan tetapi berguna untuk produksi enzym-enzym yang berfungsi sebagai antioksi

Salam sehat selalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar