Get Chitika | Premium
AJANG UNTUK PARA PENDUKUNG HERBAL, MARI KITA LESTARIKAN KEKAYAAN HERBAL INDONESIA

Senin, 20 September 2010

Herba Mutakhir yang Manjur


Apakah Hulbah (Fenugreek) itu ?
Fenugreek adalah ramuan yang umumnya ditemukan tumbuh di wilayah Mediterania dunia. Sedangkan biji dan daun terutama digunakan sebagai rempah-rempah kuliner, juga digunakan untuk mengobati berbagai masalah kesehatan di Mesir, Yunani, Italia, dan Asia Selatan.

Fenugreek didapati mengandung protein, vitamin C, niacin, potassium, dan diosgenin ( merupakan senyawa yang bersifat mirip dengan estrogen).Zat aktif lainnya dalam fenugreek adalah alkaloid, lisin dan L-triptofan, serta saponin steroid (diosgenin, yamogenin, tigogenin, dan neotigogenin).

Apa Manfaat Fenugreek?
Karena sifat-sifatnya mirip estrogen, fenugreek telah banyak membantu meningkatkan libido dan mengurangi gejolak suasana hati, gejala umum menopause dan PMS. Di India dan Cina juga telah digunakan untuk mengobati arthritis, asma, bronkitis, meningkatkan pencernaan, mempertahankan metabolisme yang sehat, meningkatkan libido dan potensi laki-laki, menyembuhkan masalah kulit (luka, ruam dan bisul), mengobati sakit tenggorokan, dan menyembuhkan asam urat. Fenugreek juga memiliki sejarah panjang digunakan untuk pengobatan gangguan reproduksi, untuk mendorong tenaga kerja, untuk mengobati gangguan hormonal, membantu pembesaran payudara, dan untuk mengurangi nyeri haid. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa Fenugreek membantu glukosa darah dan tingkat kolesterol, dan mungkin merupakan pengobatan yang efektif untuk diabetes. Fenugreek juga sedang dipelajari untuk manfaat kardiovaskular.

Penggunaan Fenugreek
Penyeimbang Kolesterol
Studi telah menemukan orang-orang yang mengambil 2 ons (56g) biji fenugreek setiap hari telah secara signifikan (sekitar 14 persen) menurunkan kadar kolesterol setelah 24 minggu, dan telah menurunkan resiko serangan jantung lebih dari 25 persen. Oleh karena itu, obat yang disarankan untuk menurunkan kolesterol adalah untuk mengambil 2 ons biji Fenugreek sepanjang hari. Dapat ditaburkan ke makanan, atau dapat pula dikonsumsi dengan air jika dalam bentuk kapsul.

Mengobati Diabetes dan Menurunkan Kadar Gula Darah
Penelitian telah menunjukkan bahwa orang dengan diabetes tipe 2 memiliki tingkat gula darah secara signifikan lebih rendah setelah makan fenugreek. Oleh karena itu, obat rumah disarankan untuk mengobati diabetes tipe 2 adalah untuk mengkonsumsi 500mg dua kali sehari.

Perawatan Herbal untuk Radang Kulit
Penelitian telah menunjukkan bahwa Fenugreek adalah pengobatan topikal efektif untuk masalah kulit seperti abses, bisul, luka bakar dan eksim. Oleh karena itu, obat peradangan kulit sederhana adalah sebagai berikut:

* Ambil sesendok biji fenugreek dan gilinglah hingga menjadi bubuk.
* Campur bubuk fenugreek dengan air hangat.
* Ambil selembar kain bersih dan rendam ke dalam campuran.
* Gunakan kain basah langsung ke kulit yang terkena sebagai sebuah tapal.

Perawatan alami untuk Radang usus dan Asam lambung.
Fenugreek biji mengandung banyak getah, yang membantu terapi peradangan usus dengan melapisi bagian dalam perut dan usus. Oleh karena itu, untuk pemulihan efektif terhadap mulas atau Asam lambung, cukup taburi 1 sdt biji fenugreek ke makanan Anda. Pilihan lain adalah untuk mengambil salah satu sendok biji Fenugreek minum dengan air atau jus sebelum makan.

Perawatan untuk Demam
Ramuan Fenugreek telah dikenal untuk membantu mengurangi demam, diminum lemon dan madu. Oleh karena itu, untuk mengobati demam, cukup mengkonsumsi 1-2 sendok teh biji Fenugreek tiga kali sehari bersama dengan teh herbal (seperti teh hijau) dengan satu sendok teh madu dan jus lemon. Beberapa toko makanan kesehatan juga menjual teh herbal Fenugreek, yang dapat digunakan sebagai pengganti teh hijau.

Pembesaran Payudara
Fenugreek sering digunakan dalam banyak teh dan produk lainnya yang membantu keseimbangan hormon perempuan dan atau memperbesar payudara. Oleh karena itu, obat rumah sederhana untuk pembesaran payudara adalah membuat Fenugreek bagian dari makanan biasa Anda. Sebuah saran yang umum adalah dengan mengkonsumsi sampai 3g dari Fenugreek per hari.

Perawatan Kelahiran Anak dan Wanita Hamil
Fenugreek merangsang kontraksi rahim dan dapat membantu untuk menginduksi persalinan. Namun, wanita hamil hanya menggunakan Fenugreek untuk penambah tenaga, dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter mereka.

Bantuan Produksi Susu Wanita
Fenugreek telah dikenal untuk meningkatkan produksi susu pada ibu menyusui. Penelitian bahkan telah menunjukkan bahwa produksi susu dapat ditingkatkan dengan lebih dari 500 persen dalam waktu 24 sampai 72 jam setelah mengkonsumsi fenugreek. Meskipun tidak diketahui mengapa hal ini terjadi, para peneliti berspekulasi bahwa minyak yang terkandung dalam biji fenugreek berperan. Oleh karena itu, obat yang disarankan untuk meningkatkan aliran susu adalah untuk mengkonsumsi satu kapsul biji kelabet (setidaknya 500mg) tiga kali sehari.

Apa Efek Samping dari Fenugreek?
Sementara Fenugreek umumnya dianggap aman bila digunakan cukup, ada laporan dari beberapa sisi kecil-efek. Mual adalah salah satu efek samping yang umum, sementara orang lain telah melaporkan ketidaknyamanan gastrointestinal (diare dan / atau gas). Juga, ketika menggunakan fenugreek topikal pada kulit, penting yang harus diperhatikan untuk iritasi kulit dan ruam.

menggunakan Fenugreek selama kehamilan tidak dianjurkan, karena memiliki potensi untuk menginduksi persalinan. Jika Anda sedang hamil dan ingin menggunakannya, Anda harus melakukannya hanya setelah berkonsultasi dengan dokter Anda.

Jika Anda saat ini sedang ada obat oral, Anda harus selalu menggunakan Fenugreek paling tidak 2 jam sebelum atau setelah obat-obatan. Hal ini penting karena serat Fenugreek memiliki potensi untuk mengganggu penyerapan obat oral karena serat mucilaginous (yang memberinya tekstur yang lembab dan lengket).



Tidak ada komentar:

Posting Komentar